Kapan Kuota Internet Gratis dari Kemendikbud Dibagikan

Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ( Kemendikbud) kembali menyalurkan bantuan kuota data internet gratis untuk pelajar, mahasiswa, dan guru di seluruh Indonesia. Lantas, kapan bantuan kuota internet gratis ini disalurkan ke pelajar, guru, dan mahasiswa? Kuota data internet gratis ini akan disalurkan selama tiga bulan ke depan, mulai dari Maret hingga Mei 2021.

Penyaluran kuota internet akan dimulai pada tanggal 11 hingga 15 setiap bulannya. Bantuan kuota data internet untuk bulan pertama hingga ketiga memiliki masa berlaku masing-masing 30 hari, terhitung sejak kuota data internet diterima oleh nomor ponsel.

 

Berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini Kemendikbud hanya akan memberikan satu jenis kuota data internet, yaitu kuota umum.

Merujuk pada Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Paket Kuota Data Internet Tahun 2021 dalam Peraturan Sekretaris Jenderal Nomor 4 Tahun 2021, volume kuota data tahun ini menurun, namun proporsi kuota umum lebih besar.

Penerima bantuan dapat mengakses seluruh laman dan aplikasi yang dapat menunjang PJJ, termasuk YouTube, dengan kuota umum ini.

Namun kuota umum ini tidak bisa dipakai untuk mengakses game, media sosial seperti Facebook, TikTok, Instagram, dsb., dan halaman internet lain yang diblokir.

 

Besaran kuota yang dibagikan berbeda-beda dan disesuaikan dengan jenjang pendidikan. Berikut adalah besaran kuota data internet gratis yang dibagikan Kemendikbud untuk masing-masing peserta didik dan pengajar:

  1. Peserta didik PAUD ( siswa ) 7 GB/bulan
  2. Peserta didik pendidikan dasar dan menengah (siswa) 10 GB/bulan
  3. Pendidik PAUD, pendidikan dasar, dan menengah (guru) 12 GB/bulan
  4. Mahasiswa dan dosen 15 GB/bulan

Ada pengecualian untuk subsidi kuota pada 2021. Penerima bantuan kuota belajar yang pada tahun 2020 lalu menggunakan kuota kurang dari 1 GB, tidak akan lagi menerima subsidi kuota tahun ini.

Perlu dicatat, untuk memperoleh subsidi kuota internet gratis, baik pelajar maupun mahasiswa harus mendaftarkan nomor telepon terlebih dulu di Dapodik.

Pelajar atau mahasiswa dapat menghubungi pihak sekolah atau kampus untuk mendaftarkannya.

Namun, bagi siswa atau tenaga pengajar yang nomor HP/ ponselnya berubah atau tahun lalu belum mendapatkan subsidi kuota, mereka baru akan bisa menerima bantuan subsidi pada bulan April 2021 mendatang.

Siswa atau tenaga pengajar yang nomor ponselnya berubah bisa melapor ke pimpinan satuan pendidikan masing-masing, dalam hal ini sekolah atau satuan lebih tinggi, untuk mendapatkan kuota pada bulan April 2021

  • Share:

ARTIKEL TERKAIT

0 COMMENTS

LEAVE A COMMENT